Kamis, 22 Oktober 2015

KEMAJUAN TEKNOLOGI DI INDONESIA








Dalam bentuk yang paling sederhana, Perkembangan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional sepertibercocok tanam, membuat baju, atau membangun rumah.
Ada tiga klasifikasi dasar dari Perkembangan teknologi yaitu :
  • Perkembangan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggris: neutral technological progress). Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
  • Perkembangan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggris: labor-saving technological progress). Perkembangan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
  • Perkembangan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggris: capital-saving technological progress). Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.
Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan di berbagai macam aspek. Salah satu kemajuan pesat ditunjukkan melalui bagian teknologi internet. Di Indonesia, teknologi informasi sedang berkembang sangat besar dimana, hal ini membawa banyak hal positif terutama bagi kemajuan masyarakat Indonesia. Walaupun masih tertinggal dari negara lainnya dalam teknologi informasi, rakyat Indonesia sendiri telah mengalami banyak hal yang sangat besar dalam kehidupan mereka. Hal ini mempengaruhi banyak hal serta membawa banyak hal positif bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Manfaat yang tentu kita rasakan adalah kita bisa mendapat banyak informasi melalui banyak hal seperti internet. Internet menjadi salah satu media yang sangat terkenal dan sering digunakan oleh banyak orang. Dunia pendidikan menjadi salah satu bidang yang terbantu akan adanya internet dimana, banyak orang dapat mengakses banyak informasi yang digunakan untuk hal belajar-mengajar.

Kenyataannya, perkembangan teknologi di Indonesia sendiri belum merata. Hanya kota-kota besar yang telah menerima kemajuan teknologi tersebut. Untuk kota-kota yang terletak di daerah yang sulit dijangkau maka, sudah pasti kemajuan teknologi informasi tidak akan mereka rasakan.

Selain perkembangan yang belum merata, kemajuan teknologi informasi seringkali digunakan untuk hal yang salah. Salah satu contoh yang paling sering terjadi dan menjadi masalah penting bagi setiap orang adalah masalah pornografi serta hal-hal berbahaya lainnya yang tentunya bisa diakses melalui internet. Mengenai masalah ini, pemerintah perlu lebih waspada dalam menangkal berbagai macam situs berbahaya atau hal lainnya yang dapat mengakibatkan hal buruk bagi rakyat Indonesia.

SUMBER : DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar