Kamis, 22 Oktober 2015

TEMPAT WISATA DI MOJOKERTO

1. MUSEUM TROWULAN


 

Museum Trowulan adalahmuseum arkeologi yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Museum ini dibangun untuk menyimpan berbagai artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar Trowulan. Tempat ini adalah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit.

Kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti masa kerajaan Kahuripan, Singasari, Kedirii. Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan adalah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia.

 

2. AIR TERJUN CUBAN CANGGU

 

 

Air terjun coban canggu, sebuah wana wisata alam yang terletak di desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto dan air terjun ini mempunyai ktinggian 70 meter, selain itu berada pada lereng gunung welirang dan berada pada ketinggian 800 mdpl membuat suasana sejuk disini begitu terasa sekali.Sebagai gambaran air terjun ini memiliki ketinggian 70 meter dengan dinding batu cadas yang sangat keras dan kokoh, terdapat batu dibawahnya yang akan dihantam air yang jatuh dari atas air terjun ini, selain itu dibawahnya juga terdapat seperti kolam air penampungan dari air yang dijatuhkan coban canggu ini.


3. CANDI BRAHU




Candi Brahu merupakan salah satu candi yang terletak di dalam kawasan situs arkeologi Trowulan, bekas ibu kota Majapahit. Tepatnya, candi ini berada di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur atau sekitar dua kilometer ke arah utara dari jalan raya Mojokerto-Jombang.

 

4. CANDI WRINGIN LAWANG

 

Gapura Wringin Lawang adalah sebuah gapura peninggalan kerajaan Majapahit abad ke-14 yang berada di Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Bangunan ini terletak tak jauh ke selatan dari jalan utama di Jatipasar.

Dalam bahasa Jawa, Wringin Lawang berarti 'Pintu Beringin'.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar