Kamis, 22 Oktober 2015

MAKANAN KHAS KOTA MOJOKERTO

1. ONDE-ONDE



Onde-onde merupakan jajanan yang terbuat dari tepung ketan dengan dalamnya terdapat isi kacang hijau, onde-onde ini berbentuk bulat serta diselimuti wijen pada bagian luarnya. Tetapi di zaman yang semakin maju ini onde-onde sekarang tidak hanya rasa kacang hijau, ada juga dalamnya yang rasa keju, susu, coklat, durian, dan masih banyak lagi. dan kulit luarnya sekarang ada yang terbuat dari tepung ketan hitam. Jadi sampai sekarang onde-onde masih tetap menjadi makanan yang banyak disukai warga masyarakat karena kita tidak akan bosan dengan satu rasa saja, tetapi sudah banyak macam rasa yang kita inginkan. Makanan bulat ini sangat cocok dihidangkan dalam keadaan masih hangat.

 

2. KRUPUK RAMBAK




Kerupuk khas Mojokerto ini paling banyak dihasilkan di Desa Domas Kecamatan Trowulan dan Desa Kauman Kecamatan Bangsal. Setiap kita akan mengunjungi atau lewat Kecamatan Bangsal, di pinggiran jalan kita akan melihat banyak orang yang berjualan krupuk Rambak ini.. Kerupuk ini berbahan dasar kulit sapi dan kerbau yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. 

 

3. SAMBEL WADER

 

 

 

Wader ini merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai. Ikan ini ada yang berukuran kecil (sebesar setengah kelingking orang dewasa) dan juga ada yang berukuran besar (sebesar kelingking orang dewasa). Jika kita mengunjungi Kabupaten Trowulan di daerah dekat Kolam Segaran, disitu kita akan menjumpai banyak warung-warung yang menjual sambel wader ini.  Untuk mengolah ikan ini menjadi makanan yang nikmat, pertama ikan yang sudah di bersihkan dapat di padukan aneka bahan rempah-rempah bawang dan lain-lain dan terakhir di goreng, makanan ini sangat gurih dan nikmat. Untuk penyajian biasanya di sajikan dengan sambal dan nasi putih.

 

4. SATE KEONG


 

Keong adalah satu jenis hewan bercangkang yang banyak hidup di persawahan. Untuk mengolah menjadi sate keong pertama kita mengeluarkan keong dari cangkangnya. Proses pengeluarkan keong dari cangkangnya, pertama dengan merebusnya hingga mendidih. Kemudian kita mencongkel keong dari cangkangnya. Jika keong sudah keluar dari cangkangnya baru kita dapat menusuknya dengan tusuk sate dan membakarnya diatas bara arang. Maka jadilah sate keong yang lezat jika diberi bumbu sebagaimana umumnya. Tapi tidak semua jenis keong yang dapat kita makan, hanya keong tertentu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar